prologia vita

Namamu Ombrea, karena kamu sulung. Aku melahirkanmu sebagai kegelapan untuk menjadikan kekosongan dan kehampaan itu dirinya sendiri. berdaulat lepas dari hasratku. Walau lahirmu adalah buah dari hasrat-hasrat itu. Tapi hadirmu kemudian terbebas dari keinginan-keinginanku, dirimu sama seperti aku, berkehendak dalam niscaya alirmu, mandiri dengan kekuatan yang bukan kuberikan tapi yang adalah milikmu sejak lahir. Kamu merdeka dalam segala apung, sadar dan terjagamu. Ketiadaan itu hadirmu. Hanya satu yang bukan milikmu yaitu bahwa dirimu tak memilih adamu sebagai ketiadaan. aku yang pilihkan itu untukmu.

Namanya Lucea, ia yang terang itu, bukan adikmu, walau dirimu sulung, tapi hadir kalian adalah satu. Ia ada karena dirimu dan dirimu hadir karena keniscayaan hidupnya. Ia adalah ada yang dimaknai oleh ketiadaan dalam hadirmu. Ketiadaanmu adalah ia dan ketiadaannya adalah kamu. kalian berdua hadir karena aku tetapi bukan dari aku apalagi untukku. kalian ada untuk satu sama lain. kalian adalah aku dan ketika kalian berdua, aku tiada.

(5/7/05-edit)

Comments