Tuesday, November 12, 2002

1 kilas

Apakah yang dipecikkan oleh benak sesungguhnya, menyala dalam berbagai letup. Bersit, kilasan, kenang dan rangkaian berkembang organik dalam bentuk bentuk abstrak yang terkadang hanya nampak seperti reaksi kimia dan interaksi antara saraf dan neurotransmitter diantara sel sel kelabu yang setiap hari berguguran.
Kita tidak semakin cerdas dari hari ke hari. Ketenangan yang disebut kebijaksanaan itu mungkin hanyalah sebuah titik dimana sel sel otak kita tersisa hanya sekian dari sekian rangkaian reaksi dan sel sel yang berguguran itu.
Sel sel yang memberontak itu telah mati, demikian pula kita kemudian mencintai kemapanan dan kedamaian bukan karena kita telah penuh dan menyempurnakan kehidupan.Namun karena kita semakin tua dan pusat sentral hidup kita melemah bersama dengan sel sel kelabu yang membawa ingatan serta beserta berbagai rasa itu berguguran.
Kita tak semakin cerdas seiring dengan waktu namaun jiwa yang terkurung tubuh ini dan ada daya menolak daging yang mati perlahan dan mendustai diri dengan ketenangan dan kemapanan.